Broadcast monitoring – pemantauan siaran radio dan televisi

Broadcast monitoring adalah proses pemantauan siaran radio dan televisi secara terus-menerus untuk memperoleh informasi tentang konten yang disiarkan. Hal ini sering dilakukan oleh perusahaan media, agensi iklan, dan organisasi pemerintah untuk memahami bagaimana siaran mereka diterima oleh audiens dan bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja siaran mereka.

Ada beberapa cara yang digunakan untuk melakukan broadcast monitoring, termasuk menggunakan perangkat lunak khusus yang memungkinkan pengguna untuk memantau siaran secara online atau melalui perangkat keras yang terhubung ke televisi atau radio. Selain itu, ada juga layanan yang ditawarkan oleh perusahaan khusus yang menyediakan layanan broadcast monitoring dengan menggunakan tim yang terlatih untuk mengikuti siaran dan mencatat informasi yang diperlukan.

Baca juga : Fikomm Berbagi Ilmu, Cara Berbagi Akademisi di Masa Pandemi

Broadcast monitoring bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, seperti mengukur audiens siaran, mengetahui tingkat keberhasilan iklan yang disiarkan, mengidentifikasi tren dan tema yang populer di media, dan memahami bagaimana siaran menyebarkan informasi ke audiens.

Kulaih di jurusan Ilmu komunikasi broadcast monitoring
Kulaih di jurusan Ilmu komunikasi broadcast monitoring

Di Indonesia, broadcast monitoring sering dilakukan oleh perusahaan media dan agensi iklan untuk mengetahui bagaimana siaran mereka diterima oleh audiens dan bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja siaran mereka. Selain itu, broadcast monitoring juga dilakukan oleh organisasi pemerintah untuk memahami bagaimana siaran radio dan televisi mempengaruhi masyarakat dan bagaimana siaran dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif.

Kesimpulannya, broadcast monitoring merupakan proses yang penting bagi perusahaan media, agensi iklan, dan organisasi pemerintah untuk memahami bagaimana siaran radio dan televisi diterima oleh audiens dan bagaimana siaran dapat dioptimalkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Untuk belajar dan masukd alam bidang ini bisa masuk di kuliah Ilmu Komunikasi S1 seperti prodi Ilkom di UMBY.

Leave a Reply